Wednesday 29 April 2020

MENGOBATI TRAUMA TENGGELAM DENGAN SNORKELING

Waktu kecil saya kecemplung sumur dan hampir mati tenggelam.
Saat itu umur saya sekitar 3 atau 4 tahun. Di sore yang cerah, ibu saya sedang pergi ke desa lain sedangkan bapak saya sedang mengasah gergaji di depan rumah. Saya yang polos pingin mandi tapi tak ingin merepotkan. Inisiatif saya timba sendiri air dari sumur yang ada di samping rumah. Tanah rumah saya bekas sawah, sehingga airnya kuning dan sebenarnya sumur itupun sumur darurat karena kami masih cari titik sumber air lain. Sehingga hanya lubang dan tidak di beri ring buis beton.
Saya pun ambil ember dan langsung mencidukkannya ke air. Malangnya, air dalam ember terlalu berat, sehingga badan saya malah ikut ketarik nyemplung di sumur. Saya gelagepan, pandangan kabur gelap, dan air yang tertelan pun sangat banyak. Tetiba saya merasa ada yang menjambak rambut saya dan menarik badan saya keluar dari air. Sepertinya itu tangan bapak saya. Setelah sadar, saya muntah-muntah.
Sekarang 20 tahun waktu berlalu, saya masih trauma kalau melihat banyak air. Saya tidak bisa berenang karena panik duluan. Saya takut tenggelam dan mati lemas.
Tapi tahun 2019 di bulan juni, saya yang tidak bisa berenang ini bukannya belajar di kolam malah nekat langsung nyebur ke laut. Saya mencoba snorkeling pertama di gili trawangan, meno dan air. Pake pelampung sih hehe. Tapi pertama kali nyemplung, ga ditemenin guide pula, karena dia sibuk mandu yang lain. Saya panik, tidak tahu cara pake snorkel, tidak paham menggerakkan fin, tidak bisa mengendalikan diri di air dan terseret arus. Akhirnya saya ditarik naik ke kapal lagi oleh awak kapal.
Agak lama kemudian, guide nyamperin saya dan memandu saya untuk berenang. Awalnya saya tidak pake fin karena kesulitan. Saya sangat kaku dan ga banyak gerak, sehingga dalam air pun cuma digandeng dan ditarik guidenya. Lama-lama pindah spot saya mulai bisa merasakan ritmenya. Lagian kita kan berenang bergerombol dan dibawah sana tidak gelap, jadi mengurangi ketakutan.
Lalu bulan berikutnya, yaitu juli, saya snorkeling lagi di padangbai. Saya dan teman saya sewa jukung (kapal tradisional) dan guide privat. Teman saya yang ini jago berenang, jadi dia menolak untuk pake pelampung dan ditemani guide. Memang rata-rata bule begitu ya. Jadi, guide pun privat cuma nemenin saya hahaha. Lagi-lagi saya panik kalau guidenya tidak disekitar saya. Snorkeling di padangbai saya masih pegangan tangan guide, tapi lama-lama coba lepas dan berenang sendiri.
Bulan berikutnya, agustus, saya snorkeling lagi di Menjangan. Disini saya panik karena guide tidak memegangi saya. Ia sibuk mengajari dan memandu salah satu turis korea yang baru pertama kali snorkeling dan dilanda panik di dalam air laut, meskipun sebenarnya dia bisa berenang. Akhirnya saya digandeng oleh teman koreanya yang lain. Lalu di menjangan saya mulai bisa betul-betul lepas dari orang, karena terpaksa sih hehe. Saya bisa berenang pake fin dan bisa maju, putar, telentang, dan mengendalikan badan saya.
Akhir bulan agustus, saya snorkeling lagi di Amed dan Tulamben. Saya mulai bisa sendiri dan enjoy di dalam air. Meskipun masuk ke laut tulamben saat gelombang ganas dan air keruh. Saya bisa melawan kepanikan.
Bulan desember saya snorkeling lagi di pantai pink komodo, manta point & pulau kanawa labuan bajo. Manta point adalah spot terdalam yang pernah saya coba. Awalnya engga panik, bahagia sekali pertama lihat manta. Tapi pas berenang pindah spot saya ketinggalan, kecapekan dan arus lautnya berbentuk pusaran-pusaran. Lemas deh, teriak-teriak, akhirnya dievakuasi pake sekoci hehe. Lalu saya di turunin di spot lain yang ada ikan pari manta.
Bulan februari 2020, saya snorkeling lagi di nusa penida. Saya akhirnya bisa mengendalikan diri dan berenang kesana kemari tanpa panik.
Setiap spot baru tentu rasanya berbeda, apalagi berenang di laut itu sangat berbeda dari berenang di kolam renang. Saya butuh mencoba belasan spot dan berkali-kali masuk air untuk bisa mengalahkan trauma saya. Bonusnya, bisa lihat kehidupan bawah laut yang indah.

No comments:

Post a Comment