Wednesday 29 April 2020

GRAMMAR: ARTICLE DALAM BAHASA PRANCIS

Sebenarnya saya tulis ini di quora atas pertanyaan salah satu penggunanya. Tapi karena tidak banyak ditampilkan di buletin, maka saya taruh di blog saya sendiri saja copy-annya, bisa jadi ada yang membutuhkan.

L'article/kata sandang adalah kata yang melekat pada nomina, ia menunjukkan spesifikasi gender dan jumlah dari kata benda yang ia lekati.
Gender dalam bahasa prancis: masculin, feminin.
Noun berdasarkan jumlah : tunggal, jamak.
Article dibagi menjadi 3:
  • Défini: la, le, les, l' => article yang digunakan ketika kita dan lawan bicara sama-sama tahu apa yang kita bicarakan.
La (feminin,tunggal) : la porte
Le (masculin, tunggal): le film
Les (masculin,feminin, jamak) : Les portes, les films
L' (masculin, feminin, singulier, huruf awal 'h' dan vowel atau huruf hidup 'a,i,u,e,o'): l'avion (m) , l'oreille (f) , l'hôtel (m).
Contoh l'article defini:
Saya berbicara kepada mas putra:
Veuillez fermer la porte, svp!
'Tolong tutup pintu!'
Mas Putra pun segera beranjak menutup pintu tanpa saya jelaskan pintu yang mana. Kita sama sama tahu, pintu mana yang harus ditutup. Maka kejadian seperti inilah kita pake article defini, dalam contoh di atas pake 'la'.
  • Indefini: un, une, des => article yang digunakan ketika kita tidak tahu pasti apa yang sedang dibicarakan.
Des (feminin, maskulin, jamak) : des portes, des films
Une(feminin, tunggal) : une porte, une oreille
Un (maskulin, tunggal) : un film, un avion, un hôtel.
Contoh:
Kamu: Tu as fait quoi le weekend dernier?
'What did you do last weekend'
Saya: J'ai regardé un film.
'I watched a film'
Le weekend dernier: pake article defini 'le' karena kita sama-sama tahu weekend kapan yang dimaksud.
Un film: pake article indefini 'un' karena kamu orang yang saya ajak bicara tidak tahu secara spesifik film apa atau yang mana yang saya tonton, makanya saya jawab pake 'un' bukan 'le'.
  • Article Partitif : de la , du, des, de l' =>Digunakan untuk benda yang jumlahnya tidak terhitung, abstrak, sesuatu yang tidak hidup dan sesuatu dari bagian dari sesuatu. (Francaisfacil.com)
De la : de la terre
Du = de + le : du pain, du lait, du café
Des= de + les : des cheveux
==================000==================
ARTICLE DALAM KALIMAT NEGATIF
  1. Article defini : la, le, les, l' : tidak berubah
J'aime la vie. Je n'aime pas la vie.
2. Article indefini: un, une, des: berubah jadi de/d', article hilang.
Je regarde un film. Je ne regarde pas de film.
3. Article partitif: de la, du, des, de l' : berubah jadi de/d' , article hilang.
As-tu de l'argent? Non, je n'ai pas d'argent.
==================000==================
*ZERO ARTICLE /L'absence d'article
Dalam beberapa kasus, kita tidak menggunakan article.
  1. Nama orang, beberapa negara, beberapa kota, beberapa pulau. Kenapa beberapa? Soalnya ada yang dikasih article dari sononya, ada yang ga punya article dari sononya huhu. Memang harus dihafalkan ya.
Contoh yang tidak punya article: Paris, Bali, Madagascar,Oman, Victor Hugo. Contoh yang punya article: l'indonésie, La Rochelle, la martinique.
2. Profesi dan kewarganegaraan:
Je suis indonésienne.
Tu es étudiant
Il est avocat
Article dimunculkan kembali jika nomina+adjective
Tu es un étudiant intellegent.
3. ARTICLE INDEFINI & PARTITIF DALAM KALIMAT NEGATIF menjadi de/d' seperti yang saya jelaskan di BAB 2.
Contoh lain: J'ai bu du lait. Je n'ai pas bu de lait.
4. Setelah preposisi atau konjungsi
Preposisi: à, sans, avec, par, en ,sur, dll.
Contoh:
Je vais à moto. 'Aku pergi naik motor'
Moto tidak perlu article un/le.
Il m'a laisse sans raison. 'Dia telah meninggalkanku tanpa alasan'
Langsung aja sans+raison, tidak perlu article sans du/le/un raison.
Nah itu contoh kasus beberapa saja ya, sebetulmya masih sangat banyak tapi saya mabuk udahan hehe. Kalau berminat mempelajari lebih lanjut tentang article zero bisa klik link ini:
Tambahkan komentar…

No comments:

Post a Comment