Thursday 11 January 2018

MEMBATALKAN TIKET KERETA API DI STASIUN TUGU YOGYAKARTA

Saya Desember 2017 kan mau ke Bromo tuh,  trus sekalian maen ke tempat saudara. Tapi ternyata karena satu dan lain hal, tiket yang harusnya berangkat tanggal 30 Desember jurusan Jogja-Probolinggo harus saya cancel, karena saya ada urusan di kampung.  Padahal dapetinnya drama,  awal Desember saya cek tiket logawa yang harganya 74.000 cuma tinggal satu kursi.  Cus saya pesan ehhtapi kan saya pesennya dini hari jam 1 atau 2 pagi gitu,  BRI maintenance bokk, transfer mbanking saya gagal. Okeylah besoknya saya pesen lagi Logawa malem" juga pesennya.  Lah transaksi mbanking saya gagal lagi,  bilangnya saldo kaga cukup :( baru ingat uang masih numpuk semua di shopee. Yaudah saya biarin expired lagi,  habis pulsa doang dah buat mbanking check saldo mutasi transfer huhu,  mana dipotong juga sama bri setiap transaksi. Nah trus siangnya saya setor tunai tuh di mesin ATM.  Sorenya saya cuss pesen lagi, eladalah logawa udah habis bisss tinggal sri tanjung aja 94.000. Yaudah saya pesen Sri Tanjung, tagihan di traveloka jadi 100 lebih karena nambah convenience fee.  Trus saya mikir lagi,  lah saya transfer pake mbanking ke reknening BRI traveloka kok mak beduduk mereka bilang BRI mereka lagi error.  Lah saya kena charge dong kalau transfer lain bank :( 6.500 keknya lupa. Trus saya urungkan niat, saya biarin expired deh karena batas waktu habis. Malemnya saya cek lagi,  ehh ada satu tiket logawa yang muncul,  kayaknya ada yang batalin tiket deh.  Happy dong,  langsung saya ambil dan bayar,  gapapa deh transfer lain bank. 
Tapi mendekati hari H saya harus pulang kampung ternyata dan badan saya ga fit.  Padahal saya udah siapin jauh" hari,  udah hubungin pak B juga, dan boss juga blg bayarnya pake harga setoran aje gapapa hahaha.  Tapi emang takdir berkata lain ye. Trus saya mulai baca-baca cara batalin tiket di aplikasi traveloka,  elahh kok tiket kereta batalinnya harus di stasiun, stasiunnyanpun hanyantertentu saja pihak traveloka kaga bisa batalin. Kirain lewat aplikasi gitu biar gampang.  Tadinya mau saya biarin hangus tiketnya, tapi kok sayang duitnya lumayan bisa balik 75%. Lagian diluar sana masih banyak yang menunggubtiket dadakan,  alangkah baiknya kalau emang kita ga butuh ya lepaskan buat orang lain. Emang harus keluar tenaga dikit,  tapi engga rempong kok.  Urutannya begini:
- saya baca-baca dininternet pemgalaman orang-orang,  setelah itu saya putuskan mau ke stasiun mana,  tadinya mau ke lempuyangan,  karena tiketbberangkat dari lempuyangan.  Tapi karena Saya ga tau kalau di Lempuyangan nanti masuk lewat mana,  parkir dimana,  gedung sebelah mana,  jadi akhirnya saya ke stasiun Tugu.
-Sebelum berangkat saya photocopy KTP dulu,  cuma diminta satu kok.  Sebenarnya syaratnya pake print tiket juga yang saya baca di blog orang.  Tapi saya tetep brangkat bawa fc ktp doang,  karena saya pikir bisa print tiket di stasiun. 
-Sampe stasiun mau magrib,  behh penuh.  Bahkan yang buat pesen n print tiket mesinnya dirubung orang.  Jadilah saya langsung ambil no antrian customer service.  Oh ya saya nyamperinnya yang deket jalan pasar kembang ya, gedungnya sebelah kanan sendiri.  Trus masuk ruangan juga mesin buat antrian ada di pojok kanan.  Cepet kok,  saya tinggal makan otak" 1, trus jalan keluar,  saya sampe pintu udah di panggil sama CS. 
- nanti ditanyain kode booking sama CS,  jadi ga bawa tiket gapapa,  bacain aja kode booking yang kita dapet di eticket
-kasihin fc KTP
-ngisi formulir pemvatalan,  nanti ada pilihan buat diambil langsung di stasiun atau via transfer bank.  Kalau via trf bank ya tinggal kita tulis aja no rekening kita. 
-trus CS steples smua berkas kita,  kasihin ke kita,  suruh bawa ke loket 3 ruangan samping (itu lhonruangan yang vuat beli tiket)
-langsung aja antri di loket 3, cepet cuma nunggubsatu antrian,  trus ditanyain mau apa,  bilang batalin.  Trus di verifikasi dan bukti pembatalannya di kasih ke kita.  Sambil dibilangin dana yang balik 75%, akan masuk ke rekening 1 bulan setelah ini. Kalau belum masuk datang lagi kesini bukti ini dibawa ya.    Gapapalah ya, lumayan 55.000 balik.  Padahal saya batalinnya sehari sebelum berangkat.  Eh masih bisa dibatalin lho sampe 3 jam sebelum berangkat.

Udah gitu aja deh trus saya pulang.  Sumpah ga boong,  easy banget,  dan cuma makan waktu less than 20 minutes lah.  Jadi ayolah kalau masih bisa dibatalin,  dibatalin aja ya,  jangan dibiarin angus karena masihhhh banyakkkkkkkk banget orang diluar sana yang antri butuh tiket tersebut. 

NB.  Kalau bukan kita sendiri yang batalin butuh surat kuasa ya :))

Photo nyusul soalmya saya ketik dari hp ini

Sekian ya, post pertama tahun 2018 ini :))

No comments:

Post a Comment