Thursday 4 February 2016

AGORA

 


Devus        : Tell me something. Do u ever think we’re mistaken?

Ammonius: Why?
Devus        : I was forgiven but now I can't forgive.
Ammonius: Forgive? Who? the Jews? 
Davus        : Well Jesus pardoned them on the cross. 
Ammonius : Jesus was God........
Friend         : How dare are u compare yourself to God?


       Agora adalah film dwibahasa, dimana menggunakan bahasa Inggris dan Spanyol. Sebenernya Inggrisnya buat percakapan dan Spanyolnya Cuma buat prolog dan epilog sih, dan Cuma berupa tulisan berjalan. Agora sendiri artinya forum untuk pertemuan di zaman Yunani Kuno. Ia menyajikan cerita yang menarik, mengusung tema perseteruan antar kepercayaan dan ditambah dengan bumbu-bumbu ilmu pengetahuan. Ceritanya sih based on history ya meskipun ditambahi dengan alur dan tokoh fiktif biar makin cetar. Langsung yak check it out.
     Dahulu kala 391 sesudah masehi terdapat seorang filsuf perempuan bernama Hypatia. Ia merupakan kalangan terpelajar dan menjadi guru di sebuah sekolah Platonic di Alexandria. Jadi, waktu itu Alexandria, Mesir merupakan bagian dari kerajaan Romawi. Perbudakan merupakan hal yang wajar. Keluarga Hypatia sendiri punya beberapa budak, salah satunya bernama Davus, budak ganteng nan kece badai mempesona. Davus ini diam-diam suka sama Hypatia, tapi apalah daya ia hanya seorang budak (bingung mau nyayi yang mana buat ni soundtrack, diam-diam aku mengagumimu (dewi persik) apa lagu cita citata, aku mah apa atuuhhhh). Ditambah lagi Hypatia ditaksir sama muridnya, Orestes, yang merupakan seorang aristokrat. Nantinya Orestes ini bakalan jadi pemimpin di Alexandria. Tapi sayang cintanya bertepuk sebelah tangan, soalnya Hypatia lebih tertarik sama filsafat daripada lelaki.
        Waktu itu di Alexandria para Aristokrat dan bangsawan pada menganut agama Pagan. Tau lah ye Pagan ape? Itu lho yang nyembah berhala (patung-patung) dan Dewanya banyak. Nah pada saat itu pula lagi gencar-gencarnya Kristen menyebarkan agamanya, kepercayaan kalau Tuhan itu Esa. Mereka pakai pakaian hitam-hitam dan dakwah dipusat-pusat kota macam pasar gitu ye. Mereka menyasar budak-budak dan masyarakat ekonomi kelas bawah. Nah karena orang-orang Pagan merasa terancam, karena lama-lama mulai tambah banyak yang masuk Kristen, Mereka membuat siasat untuk serang balik. Apalagi makin hari tingkah pendakwah Kristen makin menjadi-jadi, mereka melecehkan dewa sesembahan orang Pagan dengan melempari patung-patung itu dengan buah dan sayur. Mereka mengejek karena Tuhan orang Pagan dilempari tapi diem aja. Makanya orang Pagan marah dan ngeroyok orang-orang Kristen tersebut. Tawuran massal kan tuh mereka. Tapi orang Pagan terpukul mundur gegara kalah jumlah. Akhirnya mereka terpojok di perpustakaan (sekolah Platonic disini) dan mereka tutup gerbangnya. Petinggi romawi pun datang dan mengirimkan pesan penyelesaian konflik,  orang Pagan suruh mundur teratur dan pergi, mereka disuruh keluar dari pintu belakang, kota bakalan diserahin ke Kaum Kristen. Kaum Pagan pada begindrangan nyelamatin buku-buku di perpus buat dibawa pergi. Disini tuh diliatinnya kayak orang Pagan itu orang-orang yang lebih tertarik ke ilmu pengetahuan sedangkan orang Kristen lebih tertarik ke wahyu Tuhan.
        Pas Hypatia sibuk nyelametin buku-buku dia marah karena Davus ga ada buat bantuin dia. Davus pun nurut pas disuruh bawa sekarung penuh buku (gulungan kertas sihh bukan buku hehe). Tapi sampai tengah jalan dia balik lagi dan menghadang pasukan Kristen yang mulai masuk memababi buta. Tapi dia gak diapa-apain sama orang Kristen karena mereka tau kalo Davus itu juga penganut Kristen. Mereka ramai-ramai ngancurin patung-patung dan bakar gulungan-gulungan kertas di perpustakaan. Davus balik lagi ke tempat Hypatia dan dia ngelakuin hal-hal yang tidak senonoh ke tuannya, trus dia nangis dan ngasih pedang ke Hypatia. Tapi Hypatia malah ngelepasin kalung budaknya dan bilang kalau Davus udah bebas sekarang. Davus pun bergabung sama Kaum Kristiani, dia jadi parabolani (semacam polisi syariah di Arab Saudi kalo sekarang) yang kerjaannya menjaga kota agar sesuai dengan Norma agama yang berlaku. Mulai saat itu agama yang diperbolehin di Alexandria adalah Yahudi dan Kristen.
       Nah suatu hari para parabolani ini ngelempari kaum Yahudi pake batu pas mereka lagi nonton teater. Alasannya gegara mereka ga ngehormatin hari Sabat, bukannya sembahyang malah seneng-seneng nonton. Trus yang Kaum Yahudi balas balik. Mereka ngejebak parabolani trus ngunci mereka dan nglemparin mereka pake batu sampe mati. Keesokan harinya Cyril yang merupakan Uskup baru pun mengecam hal itu. Trus dia awal-awalnya ngomong yang baik-baik, ngomong kalo orang-orang itu ga dapet kasih Tuhan makanya berbuat gitu, tapi akhirnya dia ngomporin juga buat bales balik. Trus para parabolani termasuk Davus ngebantai kaum Yahudi di jalananan, mereka menggal kepala orang Yahudi dan nelanjangin orang-orangnya juga. Habis ngelakuin itu Davus mulai ragu, dia mulai mikir kalo yang dia lakuin ini mungkin salah. Tapi temennya ngeyakinin kalo mereka selamat waktu dilemparin batu karena Tuhan mau mereka berbuat kayak gini sekarang (red-ngebantai Yahudi).
     Hypatia yang sibuk sendiri sama penelitiannya tentang astronomi (dia nyari bentuk orbit planet-planet dan ketemu elips) pun mulai bergerak ngelihat kejadian itu. Apalagi dia satu-satunya wanita yang suaranya bisa didengar dan bebas menyampaikan pendapat. Dia mendesak Orestes buat turun tangan. Tapi ternyata malah kemalangan yang didapat Hypatia. Dia dituduh sama Cyril sebagai wanita fasik dan tukang sihir. Hypatia pun ditangkap, ditelanjangi dan mau dikuliti. Tapi Devus yang cinta sama Hypatia ga tega, dia bilang ke temen-temennya kalo ga perlu mereka ngotorin tangan pake darah dia. Trus pas temen-temennya sibuk nyari batu buat dilempar nanti. Davus meluk Hypatia dan nutup mulut n hidungnya sampe Hypatia pingsan, jadi nanti waktu dilemparin batu dia ga ngerasa sakit. Waktu bungkep Hypatia, Davus sambil nangis keingetan masa lalu wktu dia ngandukin Hypatia abis mandi, waktu Hypatia ngobatin luka cambuknya, waktu Hypatia megang kepalanya, waktu mereka ketawa banreng, waktu dia megang kaki Hypatia pas tidur,dll. Duhh so sweet pokoknya. Trus dari tulisan yang berjalan itu katanya Hypatia di mutilasi dan tubuhnya diseret dan akhirnya dibakar. Dan akhirnya Cyril berkuasa atas Alexandria.
       Hmmm such a sad ending. Tapi endingnya mantep dan ngena banget, apalagi ekspresi pemainnya bikin pengen nangis. Tambah lagunya sendu banget. Pokoknya top lah ni film. Amanatnya ngena banget, sisi historinya oke lah meskipun aku ga tau bagian mana aja yang fakta, ilmu pengetahuannya juga cucok. Film ini tuh kisah cintanya lebih ke cinta terpendam dan cinta tak terbalas. Jadi menurutku elegan dan ga berlebihan. Kita juga jadi tahu konflik antara Pagan dan Kristen atau Yahudi dan Kristen. Intinya kita semua itu sama, Kita bisa jadi orang jahat, ga perduli apapun agama kita. Ketika agama sudah ga pure religious thing, ketika udah kecampur sama kepentingan golongan tertentu, ujungnya adalah kehancuran. Recommended banget buat ditonton!!


No comments:

Post a Comment