Sunday 16 February 2020

BACKPAKER LABUAN BAJO: NAIK KAPAL PELNI TILONGKABILA

Sebenarnya sudah lama pengen nulis cerita ini tapi males, lebih seneng bacot aja, tapi mau bikin youtube juga males wkwkwk.

Ceritanya bermula dari bulan oktober sampe November 2019 ngidam pengen ke komodo. Iseng ajak temen kerja dia ok ok aja, udah sampai cari-cari tiket pesawat PP yang Cuma habis 900 ribuan pake air asia. Tapi aku tiba-tiba cancel, soalnya aku pengen pulang ke jawa aja wkwkwk. Singkat cerita aku cari-cari tiket ke jogja kok mahal mahal nih dari Bali. Akhirnya bulan November akhir aku balik lagi ke Sony, bilang yuk son fix ke Komodo besok Desember, gue udah cek jadwal kapal pelni, cuti gue udah di ACC manager, tinggal beli tiket aje.  Dia ga nanggepin serius dong, halah paling juga Cuma wacana forever, lol. Tapi aku yang impulsive ini langsung ngajak dia beli tiket kapal pelni di kantor Pelni yang ada di Kuta besok weekend. Kenapa kita tetiba naek kapal, karena harga tiket pesawat udah naek bokkk wkwkkwk.

Jadi kita putuskan untuk liburan dari tanggal 14-21 Desember 2019. Tau ga sih, tiket pelni kita namanya salah, ga sesuai sama KTP. Sony sadar waktu di kantor dan di revise sama petugas yang ga ada ramah-ramahnya. Cuma dikasih parafnya aja sih sama petugas, karena mereka ga bisa ngeluarin tiket lagi. Lah dalah aku kok ya baru sadar pas udah di kos, males banget balek ke Kuta, secara akika kos di Sanur bokkk… Eh sony memberikan ide brilian “kaga usah balik lo, buang-buang waktu dan bensin, mending lu kasih paraf sendiri aje tiketnya, nih nyonto punya gue’. Karena ga jelas, seninnya waktu makan siang aku contoh paraf di tiket doi, siap lolos boskuhh sampe hari H ga dipermasalahkan sama awak kapal.

14Desember 2019, Sabtu : Sanur-Port Benoa-Kapal Tilongkabila
Kapal berangkat jam 9 pagi dari dermaga Benoa. Aku janjian sama sony ketemu di sanur, pesen gocar dan brangkat ke Benoa. Pas banget, kita sampai jam setengah 9, langsung check in, kapal udah sandar nungguin kita.

Photo-photo norak dulu, maklum aku terkesima sama kapal penumpang Tilongkabila yang guede bet ini. Jadi keingetan titanic. Naik kapal, diperiksa lagi sama petugas tiketnya, terus diarahin ke dek kapal berapa. Masuklah kita ke dek yang kek barak pengungsian, isinya puluhan matras tempat tidur. Eh tapi kok tempat tidur sesuai nomor tiket kita sudah diisi sama orang. Kita disuruh pindah cari tempat lain. Terus aku bilang, ke atas aja yok son, biar goncangannya ga begitu keras. Tapi baru mau naik tangga, dicegat sama petugas, dimarahin kita karena harus sesuai tiket. Aku bilang kalau tempat kita sudah ada yang isi, terus petugasnya itu nyamperin tempat kita dan ngusir ibu-ibu yang di matras kita. Karena si ibu ini mau turun di Sulawesi, tapi tiket dia nonseat, jadi dia ga dapet matras. Petugas bilang, suruh ke emperan aja, nanti dibagi matras. Meskipun kenyataannya ga dikasih juga.

Kapal mulai berangkat, kita mulai naik ke dek-dek lain, dan duduk di badan samping kapal di bawah sekoci. Woww, mulai mabok wkwkwk. Setelah lama duduk, ada panggilan makan siang. Antri ambil makan, lalu naik lagi ke atas, dan makan dibawah sekoci. Dapat makan 3 kali sehari ya, menu seadanya tapi layak : nasi, sayur, ikan/telur/ayam, diselingi dengan minum air putih gelasan plastik/juice botol/susu kotak, dan dapat snack slice olay juga. Lmayan lah harga tiket kan Cuma 230.500 IDR tapi dapat makan 5 kali wehee.

Toilet lumayan lah Tilongkabila termasuk kapal Pelni yang masih agak baru, jadi ya agak lumayan bersih kapalnya.
Singkat cerita kita lewatin port benoa bali 14 Des (09h00), port lembar lombok, port bima 15 Des (16h00), lalu sampailah di port labuan bajo hari Senin tanggal 16 Des jam 00.30.
Kita jalan kaki sampai reddorz hotel, ya jalan kaki hampir setengah jam lah sambil bawa packpack guede. Check in, bersih-bersih, tidor.
Murce ini reddorz 99k/night/room.

Aku lebih banyak ambil video sih ga photo, nanti kalau ada waktu aku edit sambung jadi satu yah.

1 comment:

1. As stated by Stanford Medical, It's indeed the ONLY reason women in this country get to live 10 years more and weigh an average of 42 lbs lighter than we do.

(By the way, it really has NOTHING to do with genetics or some secret exercise and really, EVERYTHING about "how" they eat.)

BTW, What I said is "HOW", and not "WHAT"...

Click on this link to discover if this little quiz can help you decipher your real weight loss possibilities