Monday 21 March 2016

A4 Waist Challenge in China is Fucking Normal

www.google.com

Halo Maret!!! 
Aku ga sengaja liat postingan di 9gag tentang "A4 Waist Challenge" yang lagi gencar banget di Cina disini. Banyak gonjang-ganjing antara yang pro dan kontra sama fenomena tersebut. 

Sebenarnya apasih "A4 Waist Challenge"? Itu adalah tantangan dimana orang yang ikut serta tantangan itu harus buktiin kalo pinggang dia lebarnya sama dengan atau bahkan bisa jadi lebih kecil dari kertas ukuran A4 dalam posisi potrait. 

Banyak orang yang kontra bilang kalau itu gila. Karena lebar kertas A4 kan cuma 21 cm. Banyak dari mereka yang simpatik dan beranggapan kalau gadis-gadis itu perlu makan banyak biar ga kurus.
Tapi banyak juga yang pro, mereka beranggapan kalau itu normal untuk tubuh orang Asia yang notabene lebih kecil daripada ras lain. Gadis-gadis di photo juga ga nunjukin gejala anorexia, jadi tubuh mereka kecil karena memang sudah genetik.

Tinggi rata-rata orang asia kan 150-an cm buat yang cewek, yang cowok juga  160-an cm. Meskipun ga semuanya lho yah. Sekarang juga banyak yang tinggi-tinggi kok. Jadi kan ya wajar dong kalau pinggang mereka kecil-kecil, lha wong badan cuma satu setengah meter.

Sebagai perbandingan, aku orang asia ya, tinggiku sekitar 157 cm lah (pake tinggi ini biar ga didemo), berat badanku 49 kg, dan waktu aku cek, aku ambil kertas A4, dan hasilnya adalah pinggangku sama dan ketutup loh sama kertas A4 dalam keadaan potrait. 

Mungkin bagi beberapa orang tantangan ini kelihatan ga wajar. Apalagi bagi orang-orang caucasian kurang piknik, yang jarang liat orang asia langsung. Ya kan ras lain emang punya struktur badan yang lebih gede dari lahir, misalnya orang Belanda yang tinggi tinggi macam genter seng nggo nyogrok rambutan. Kalau dia mau ikut tantangan ini ya bakalan susah bingit, meskipun ga makan 3 tahun juga tetep belum tentu bisa nyamain lebar kertas A4. Karena struktur tulang lebih gede juga. 

Tapi di sisi lain challenge ini juga cuma sarana show off loh menurutku. Ajang pamer: ini lho badanku kurus langsing, ini lho aku sexy, ini lho aku punya badan bagus, dst. Yang mana hal tersebut memberi kepuasan tersendiri bagi pelakunya..halaahhh. Njuk yang badannya jumbo jumbo jadi sedih, merasa kurang menarik, dan stress lama-lama. Lho tu kan, ada efek sosial yang ga baik juga to. Bersenang-senang diatas penderitaan orang lain??

Mbok ya seyogyanya kalau punya sesuatu bagus tu jangan pamer. Kalo punya sesuatu yang ga bagus juga jangan putus asa. Wong no body's perfect og. Teko syukuri apa yang ada. Diberi badan sehat lengkap tur gratis meneh sama Gusti Allah, mbok yo dijaga. :D wis gitu aja!!

www.google.com
www.google.com

No comments:

Post a Comment