Friday 15 January 2016

ME DAY Kesasar di Solo Sendiri

Hari Jum'at habis wawancara kan masih pagi. Masih jam 8-an gitu lah. Aku langsung ke karangmalang buat cari makan, eh ternyata ayam gepreknya belum siap dasarannya. Yaudah terus aku mikir napa gak jalan-jalan dulu ja, muterin ring road Jogja kek, ke malioboro kek atau apalah. Akhirnya aku ke Malioboro, masih sepi sih jam segituan. Trus ke ngasem juga, pokoknya muter-muter ga jelas. Trus tiba-tiba kepikiran, kenapa gak ke Solo aja. Aku langsung cus tuh cari jalan, eh keluar-keluar udah nyampe ring-road Selatan ajah, padahal kosan aku di Ring road utara. 
Trus lurus aja ngikutin jalan, singkat cerita dah sampe Klaten. Ngisi bensin di klaten kan trus lanjut lagi. Sebenarnya nyasar bentar di Klaten sih tapi ok lah.
Sampe solo jam 10an, Gila ya panas banget di jalan, mana aku belum makan dari pagi kan tuh. Trus aku sebel banget di Solo tuh pada murah klakson, seakan-akan mereka lebih suka nglakson daripada ngerem. Apa-apa dikit diklakson. Padahal jalanannya tuh ga semacet Jogja (mungkin itu yang bikin mereka ngebut cepet-cepet trus klakson mulu). 
Aku kan belok ke UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta), niatnya mau ke Masjid buat cari adem. Tapi aku bablas masuk gang, tepatnya samping UMS kan ada yang jualan bakso. Nah aku belii mi ayam n es jeruk. (piye to iki ceritane hahah) 
Panas banget kan, diwarung cuma ada satu kipas. Trus aku pindah didepan mbak-mbak yang deket kipas. dAN Mbaknya ngijinin tapi tetep ga kena kipas. Trus kita ngobrol-ngobrol kesana kesini padahal baru ketemu. Dia anak UMS dan cerita banyaklah dia. Yang paling mencengangkan sih kosan disekitaran situ 2,4 jeti setahun dah isian. Dijogja kosan isi harganya 5-6 jeti.wihhhh. lalu  tukeran no hp juga (lol maaf saya cuma punya nomor ga punya PIN).
Trus abis makan, aku mau ke masjid UMS. Bingung sumpah mau parkir dimana -_- masuknya lewat mana. Akhirnya aku parkirin di depan ATM. Trus aku masuk kan. Ternyata bangunan yang aku kira masjid bukan masjid saudara-saudara. Itu auditorium or something gitu. Aku bingung dan lelah, yaudahlah aku jalan trus duduk didepan fakultas kesehatan or apa gitu.trus aku madep kanan ada penunjuk arah, aku baca beneran kok ga ada masjid yak? cuma ada fakultas-fakultas kearah kanan or kiri.
UMS sih banyak pohon ya. Sepoi-sepoi lumayan enak lah. Trus yang aku ga suka, di fakultas kesehatan or apa gitu lah aku lupa, tepatnya dilantai dua. Ada kayak ruangan buat BSO atau organisasi gitu. Disitu ada beberapa cewe n cowo. Yang cewek naudzubillah teriak-teriak tanpa henti suaranya sampe mana-mana. hmmmm. 
Trus aku jalan lagi kan ketengah,muter. Well anaknya cuek kok, mereka kayak ga ngerasain ini orang asing atau bagian dari mereka. Jadi kita kalau baru masuk kesitu ga merasa awkward diliatin itu positifnya. Kalau menurut aku suasana kampusnya kayak fakultas filsafat lama (ehh?), gedung A dan B FIB, dan fakultas Biologi UGM. itu hawa yang aku rasakan hehe. agak vintage.
Aku kan lelah ya, aku muter langsung keluar gerbang ehh tiba-tiba adzan. ADZANNya dari atas ruangan yang auditorium itu, trus bnyak cwo yang naik gitu kan ada tangganya keatas kayak di UIN suka (tangga uin kan didalem, ini diluar? apanya yang mirip?) 
Aku langsung pergi trus lanjut perjalanan. Temenku dihubungin masih ga bisa pulsaku abis banyak gara-gara voicemail sialan itu. Aku jalan aja ga tau arah dan ga tau mau kemana. Trus aku nglewatin taman Sriwedari,Museum batik Kuno, Museum apa lgilah aku lupa. Tapi aku lanjut terus, mau belok ke pasar barang antik tapi terlanjur lurus. Ya sudah ke pasar klewer saja. Ehh ternyata ini hari Jum'at. Aku jalan ke yang bagian cinderamata sambil mengikuti arah suara masjid. Pedagang pada istirahat. Sampe masjid Agung, banyak pria berbondong-bondong padahal pengen pipis aku -_-. 

Yasudah aku masuk ke klewer lewat parkiran mobil. Trus beli es dawet. Sambil duduk di depan los pasar. Abis itu aku lanjut jalan ke dalem. Yah suasananya ya kyak pasar lah kyak brigharjo gtu. Di pasar klewer parkir 2000. Abis itu keluar aku tanya tukang parkir ke kraton lewat mana. Suruh belah tu pasar dah langsung tiket masuk. Tapi dah hampir jam 1 ga tau dah mau tutup belum tuh loket. Yaudah aku ga jadi, lagian aku ga punya budget juga buat masuk Kraton, ga tau bayar berapa.
Trus aku ke UNS, aku cari masjid YA Allah. Tapi kelewatan UNSnya, tapi deket situ ada masjid Muhammadiyah. Dan akhirnya bisa pipis dan merasakan air segar juga. Trus aku duduk didalem dan browsing tempat ok di Solo. Telat banget kan? Emang! namanya juga perjalanan tanpa rencana. 
Aku juga sms temen-temen aku yang di Solo kalo aku lagi di Solo. TAPI HASILNYA MENYAKITKAN!! GA DIBALES, SEKALINYA ADA YANG BALES, BALESNYA GIMANA COBA? "MAAF INI SIAPA?" ANJRIT GA SIH HAHAHA. ya udah daripada baper aku geedein ati, ini kan ME DAY, aku pergi sendiri,tujuan yang buat aku sendiri, dan aku seneng-seneng sendiri. 
Lanjut, Trus akhirnya pilihan aku jatuhin ke taman satwa taru Jurug, Karena paling deket dari lokasi aku saat itu. Tamannya beberatus meter dari UNS.
Eh dijalan dawetku tumpeh-tumpeh. Aku masuk UNS kan cari keran, untung dipinggir jalannya ada keran. Trus abis besihin tangan aku muter UNS buat keluar.
 Masuk Taman (sebut saja Bonbin, karena ini emang kebun binatang) bayar tiket 10.000. Masuk pertama kali tuh sepi!! Langsung bahagia banget aku kayak sewa kebun sendiri hehe. Trus hawanya segerrr. Langsung fresh aku. ini nih yang aku cari. Trus aku liat gajah ada 3 di kandang. Ada juga hewan-hewan yang dah mati diawetin (gajah,macan,buaya,merak,dll). 
Aku lanjut ke tempat burung-burung. ada satu burung cute, dia mepet dikandang makan cuek banget aku sapa halo halo gitu dianya jalan ke samping pelan-pelan gitu cute bangett. 
Burung lain banyak ga tau namanya cakep cakep. Trus aku lnjut jalan ikutin petunjuk arah. Nih mana kebun binatangnya kagak ketemu temuuu. Yang ada malah aku kayak diajak jalan muterin bonbin. Trus ada satu tempat kayak makam gitu. Tulisannya Tama Gesang. Aku baca di google untuk menghormati jasa Gesang gitu katannya. Aku masuk kan ada beberapa Gazebo dan miniatur pesawat?/ Tapi di alam trbuka gitu. Ada biru-biru dari ubin aku kira makam siapa karena mirip batu nisan. Aku deketin ehh itu bangku buat duduk. 
Singkat cerita aku dah sampe bonbin liat hewan macem-macem, mulai dari kuda nil, monyet, lutung, buaya,harimau, beruang, kuda, unta, burung-burungan (ehh), ular, dan banyak lagi lah namanya juga dibonbin. 
Lelah kaki ini, pas di tempat yang dikandang krangkeng si banyak orang liat. Tapi yang dikandang beneran pas liat unta, kuda,dll akika sendiri bokkkk. Sampe kekandang harimau yang luas ada sungainya ada pulau dan ditengahnya gazebo untuk tidur 2 harimau pun sendiri, 
Oh ya unta tu kalo tidur gimane sih? Berdiri,duduk,atau tiarap nyamping kayk kita? Masak ada satu unta yang tidurnya nyamping kayak kita tidur gitu. Gak tau deh emang gitu atau dia sakit atau mati atau apa aku gak tau.
Trus unta yang paling ujung aku liatin, enak bener dia makan rumput sambil merem merem, ditemani angin sepoi-sepoi. Secara dia kan bahagia di mari. Daripada di Arab sono udah dipadang pasir, panas, suruh jalan angkut-angkut, tambah tiap idul adha jiwa terancam lagi hahaha. 
Trus lelah jalan ga berujung didalam kebun. Akhirnya dekeet pintu keluar aku duduk disebuah ayunan. Ayunannya ada 2 berampingan tapi aku hanya sendiri seorang hallaaahh. Lumayan lah istirahat duduk diayun-ayun sambil liat kedepan pohon ijo ijo.
 
Aku pulang sekitar abis ashar. Kata bapak parkir ke Jogja suruh ikutin bis gede. Aku ikutin tuh bis gede. Tapi lahh lama-lama ga bisa. Lha wong aku didepan bisnyaa dibelakangku. Trus pokoknya aku kehilangan arah. Aku ikutin ijo-ijo penunjuk jalan lama-lama tidak ada kata yogyakarta disana. 
Abis beli minum di alfamaart aku lanjut lagi. Tapi kok hawanya makin beda, ini aku dimana? Hawanya tuh macem salatiga gitu, aku cari-cari alamat di toko2, ternyata aku sampe BOYOLALI!! Trus aku tanya orang, dia bilang suruh puter balik dan belok kanan di lampu merah pertama. Sumpehhh mbelahnya lama bangeettt akhirnya sampe Klaten juga. Trus akhirnya sampe Jogja Magrib-magrib. Padahal normalnya kan 1,5-2 jam, ini kelamaan cari jalan. Huhuhu. :D
Tapi over all lumayan lah, jalan sendiri enak kok :D Percaya deh :D

No comments:

Post a Comment