Saturday 23 March 2019

BIAYA HIDUP DI BALI SATU BULAN PERTAMA

Hi,  ya ampun jadi kemarin itu aku officially 1 bulan tinggal di Bali. Ga nyangka cepet banget ye mak waktu berlalu. Jadi,  sekarang aku mau ceritain gimana hecticnya akuh ngurusin pindahan dari jogja ke bali dalam kurun waktu sesingkat-singkatnya, cuma 3 hari akika ngepak n urus ini ono mak, gedandapan!
Sabtu, 16 Feb '19 hari trakhr kerja,  senin beli tiket,  selasa urus pajak motor sambil packing baju, rabu ngurusin kargo motor ke ekspedisi sambil pack barang" yg mau dikirim lwat ekspedisi, kamis berangkat,  jum'at nyampe bali,  sabtu cari kos,  minggu pindah ke kosan, senin mulai kerja. Itu si gambaran singkatnya,  sekarang aku mau jabarin satu-satu.  Biar kalian yang mau pindahan ke bali ada gambaran what to do n kalau udah sampe sini gimana gitu.  Karena kan emang aku akui,  awal-awal kita pasti mamang banget,  apalagi kalau pindahannya beda pulau kek gini, dan emang masih lack info banget,  apalagi tentang biaya hidup disini apakah emang sengeri bayngan orang" kah mengingat bali tempat wisata. Setelah aku baca baca blog kak Jenny yang ini jennyjusuf.com/menyusun-anggaran-untuk-tinggal-di-bali/ , akhirnya aku mantap ada disini wehehehe. Hmmm,  Untuk biaya hidup aku belum bisa ngomong banyak,  nanti aku ceritain setelah aku tester 3 bulan survive ye wwkwkwk.  Ini aku mau ceritain gimana survive di awal pertama datang ke bali dlu, kira-kira abis berapa sih untuk bertahan satu bulan pertama tuh. Karena bulam pertama kan modal awal ye,  mengingat kita belum dapet gaji. Gileee aing ngemengnya mengingat mengingat mulu.
Okk ga usah kebanyak basa basi busuk,  mari mulai. Ehh bentar,  mohon dimaklumi kalau cerita ini subjektif sesuai dengan keadaan saya sebagai pengalam. Kalau ternyata kalian punya cerita yang beda boleh dishare.  Thankyou.
1. MODA TRANSPORTASI UNTUK KE BALI
Ini yang pertama musti dipikir ye,  ke bali si bisa lewat darat laut n udara. Paling cepat n nyaman emang naek pesawat ye. Paling hemat jalur darat naek kereta pindah laut nyebrang pake feri,  lalu dilanjut naek bis,  seperti yang aku ceritain di artikel sebelumnya.  Tapi lihat-lihat kamu titik awalnya dimana dulu nih,  kalau kamu diujung sumatra,  maluku or merauke,  lebih baik naik pesawat. Kalau kayak aku yang dari jawa aja, ya kereta n nyambung-nyambung,  atau pake bis bisalah. Naek kereta-feri-bis sampe terminal ubung biaya sekitar 225.000. Kalau naik bis jogja-denpasar (sampe terminal mengwi)  250.000. Kalau naik pesawat,  jog-dps adalah tiket 400an, 500an, 600an,dst tergantung maskapai. Kamu beli jauh" hari harga semakin murah,  ini udah pda tau ye.

2. MODA TRANSPORTASI DI BALI
kalau tadi kita ngemengin ke- sekarang di-. You know lah di bali transportasi umum jarang banget. Aku kan tinggal di Sanur Denpasar. Aku salto aja udah nyampe pantainya wkwkw.  Nah Denpasar itu kan kek kota pemerintahanny bali gitu ye,  akika jarang banget mak liat angkot atau bis. Ojol juga kaga serapet di Jogja. Jarang vanget liat bis sarbagita lewat.  Lebih sering transjogja lewatnya wkwkwk. Maksudnya durasi lewatnya transjogja di jogja lebih sering daripada sarbagita di bali ini. Taksi sih ada beberapa. Nah makanya aku kirim motor dari jogja ke bali. Aku pake ekspedisi pahala ekspess ye,  yang segroup sama PO bus pahala kencana. Kukirim harganya 550.000 sampe agen denpasar, udah termasuk baiya packing n asuransi. Karena helm kaga bisa masuk jadi ya kupaketon jga,  total 600.000 lah ya. Nanti kuceritain lengkapnya,  kenapa setelah keliling ekspedisi aku milih itu.
Nah karena aku pake motor,  setelah kuingat" ternyata aku jarang beli bensin,  selama sebulan aku cuma isi 3 kali gilzzz.  Jadi plg cma nyampe 50k,  kalau cuma buat ke kantor,  puter" denpasar cari makan atau sampe kuta 2 kali mah.
3. KOS DI BALI
Ini nih momoknya perantau.  Tempat tinggal emang menduduki pengeluaran terbesar pertama. Kalau makan sih bisa ada pilihan buat push pengeluaran ye, tapi kalau tempat tinggal? Artikel-artikel yang aku baca rata-rata kosan di bali itu 800 rbu sampe jutaan.  Dibawah 1 juta itu kosongan dapetnya. Tapi kalau kita mau cari,  kos 400 ribuan di bali masih ada makkkk sans aje. There is a will there is a way.  Asalkan ente blusukan, you will get something shocking kadang-kadang ekwkkw.  Sama kek jogja,  disekitaran UGM cari kos murah mana ada?  Gitu ye kata orang" yang taunya cuma yg mahal hehe,  tapi nyatanya temen aing beberapa ada yang dapet 250 ribu di sekitar karang-karangan onoh.  Dan layak kok kosannya.  Disekitaran tempat strategis n tmpat hits jakal juga.
Nah untuk membatasi, daerah kosan yang aku omongin ini di wilyah denpasar ye,  tepatnya sanur.  Jadi aku dapet kosan harga 600 ribu dengan fasilitas kamar mandi dalam, dapur dalam, tempat tidur, lemari, sudah include biaya listrik dan air. Letaknya strategis,  deket pantai,  deket jalan besar,  deket fasilitas kesehatan,  deket bank,  deket pasar,  deket tempat makan murah, yang mahal juga banyak sih, deket resto cepat saji macam mac do kfc dunkin pizza hut dan teman"nya, deket plaza,  deket supermarket,  deket pom bensin,  dan yang paling penting deket tempat kerja,  only 3 minutes, tapi karena lampu merahnya lama ya apa mau dikata wkkwkw. Tapi ya itu kudu blusuk" ke dalem diantara rumah" warga,  jln masuknya cma bisa 1 motor,  mobil pun ga bisa papasan,  makanya tetangga" mobilnya diparkir di lapangan sblm gang masuk,  atau yg warga situ mreka garasinya dibkin yg bisa buat muter.
4. BIAYA KIRIM PAKET
Karena aku bawa magic com,  setrika,  dll jadi aku packing n aku kirim lewat ekspedisi sekalian beberapa baju juga aku kirim.  Aku waktu itu pake wahana.  10.000/kg. Sebenernya pahala ekspress juga murah sih,  tapi lupa dia minimal kirimnya berapa kilo.
5 BIAYA LAUNDRY
Kalau ente males nyuci boleh laundry.  Kalau temen aku yang di daerah renon laundry 5000/kg. Kalau di sekitar kos aku 6000/kg. Kalau dijemput laundryannya jadi 7000/kg ada minimal kologramnya. Aku ga laundry ya,  aku nginem sendiri. Capek si setelah lama ga nyuci tangan.  Soalnya selama di klaten 2 bulan aku nyuci sendiri cuma 1 kali,  sisanya pake mesin.
6. UANG MAKAN DAN LAIN-LAIN
aku cuma ada 1.400.000an cukup banget kok buat bertahan hidup 1 bulan buat makan agak hedon tiap hari makan ayam dan biaya lain" yanga kujabarin di bawah. Karena biaya makan di Bali sebelas duabelas sama Jogja. Contohnya sate ayam 12k,  nasi campur lauk ayam 10k, nasi campur telor 7k,  nasi padang 9-17k, nasi pecel+ayam+tempe 10k,nasi ayam goreng 18-20k,  nasi terong+tempe 10k dpt buanyak,  apa itu ada lagi nasi yang 5k harganya aku lupa namanya.  Ya tergantung tempat beli sih,  kalau udah sekitaran pantai sanur ya mahal,  nasi ayam 20k. Soalnya nasi seporsi disini dihitungnya 5k bookkkk,  jadi lebih hemat nanak nasi sendiri trus bawa cepuk makan.  Lumayan kan menghemat 5kx30 hari=150k, bisa buat spa sebulan skali ye mak. Atau kalau mau makan 25ribu sehari sebenernya bisa banget disini.  Atau lebih hemat lagi masak sendiri. Soalnya harga sayuran kalau di tukang sayur si sama kek di jawa harganya,  kalau di supermarket agak mahal soalny ada pendinginnya. Harga buah juga sama ye kek sayuran di atas.
6a.  LAIN-LAIN
yang kumaksud lain-lain ini yang uangnya aku ambil dri 1.4 jetong itu tpi aku lupita udah ngabsin buat apa aja.  Jln ke kuta n ubud kali ya,  kan cma bensin n minum doang hmmm. Yang kuinegt sih kek beli ember, hanger, bensin,  parfum, alat mandi, obat, vco, dan KIPEM.  apa itu KIPEM?  KIPEM adalah kartu dari banjar(dukuh) yang menandakan kalau kita yang bukan asli bali ini terdaftar secara legal sebagai penduduk di banjar tersebut. Bayarnya 150.000/3bulan.
Pulsa jga aku masukin disini ya,  aku boros bangt si,  maksudnya kalau diitung" selama aku pake pulsa internet gitu ini plg boros. Aku abis skitar 140k bulan ini. Aku masih juga beli barang online dri shopee hahaha.
7. ALAT-ALAT KOS
Aku beli 1 ember, pisau, ulekan, wajan, kompor, gas,selang gas spatula, cepuk makan, indomie, energen, telor, kecap, sambel instan, minyak sayur, sapu, sendal,  beras 2kg yang kaga abis" sampe sekarang, detergen, bantal, dll. Anggep aja 600k lah.  Oh ya aku beli ember 2 jadinya kwkwkw.  Makanya aku sebut dua kali di tulisan.

Yaaakkk jadi modal awal pindah ke bali lumayin ye mak, paling kaga ada money 3.5 juta. Cari utangan dulu gapapa kalau belom ada. Aku si trrselamatkan karena akhir bulan februari aku dapet gaji pertama dari kantor baru (padahal baru pdhl jga baru 4 hari masuk) trus awal bulan maret aku dapat gaji dari kantor lama.  Jadinya lumayan terbantu banyak buat bayar kos bulan selanjutnya. Kalau 1 bulan pertama ye sama aje aing ngutang makkkk... Wkwkwk...
Biaya survive bulan pertama itu bisa dipush lebih irit atau dipompa lebih hedon lage tergantung gaya hidup masing-masing :)).
Nanti untuk biaya hidup rata-rata bulanan aku ceritain di next artikel ye. Hasil proyeksi, trawangan, semedi,  n perhitungan ngawur aku si bisalah 1.5juta-2 juta sebulan (kos+makan+dll). Tapi apakah benar segitu,  nanti deh ya kita liat.

No comments:

Post a Comment