Sunday 5 April 2015

Suka Duka Jadi Mahasiswa

Jadi gini gengz, tidak terasa sudah 8 bulan lebih ane jadi mahasiswa..huhuhu.. Meninggalkan kehidupan SMA yang serba dimanja. Pokoknya jaman SMA dan Kuliah itu totally different deh ya..
contohnya ni dulu SMA tuh kalo belajar di sekolah trus ulangan kita remidi, gurunya bener-bener berusaha buat ngejar-ngejar kita untuk remidi,ngasih tugas tambahan atau apalah gitu.. tapi, sekarang pas udah kuliah?? gak bakalan ada yang ngejar booookkk, yang ada tiba-tiba buka KHS (kartu hasil studi) pingsan-pingsan je deh nilainya ancur. jadi intinya jadi mahasiswa tuh kita dituntut banget buat jadi seorang pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab atas segala pilihan dan tindakan yang kita ambil gitu.
Nah langsung aja ke inti pembicaraan yak... (jadi dari tadi tu bukan intiiii??/)
Ane mulai dari hal-hal yang bahagia dulu yak,, kan ane pengen yang sad ending gitu nantinya buat penutupan.
SUKAnya jadi mahasiswa:
1. Kalau ditanya kapan saat paling bahagia untuk pertama kalinya saat jadi mahasiswa ya ane jawab pas buka pengumuman dan diterima masuk ke universitas yang dituju,,wizzzzzz rasanyaaaaa gemetarrr.
2. Jadi mahasiswa itu kita ga perlu pake seragam buat ngampus boss, sebenarnya ada sih aturannya ya semacam bebas sopan gitu, gak boleh pake sendal jepit, ga boleh pakai kaos oblong, dll. Tapi pada kenyataannya pada pake kaos tuhhh? nah lho,, kan adanya peraturan untuk dilanggar, ya ga? ting ting...hussss sebagai mahasiswa yang cerdas, berbudi dan berbudaya sudah sewajarnya kita patuhi peraturan yoookkkk.
3. bisa milih jadwal kuliah sendiri, jadi ya ga harus sama dengan teman yang lainnya. kecuali kalau paketan  yak seperti saya, ya gimana lagi dong huhuhu..
4. masuk kelas ga harus jam 7, yah bisa ja masuk kelas jam 9 nanti lanjut lagi jam 1, dan seterusnya gitu. tergantung jadwalnya, intinya jadwalnya ga sepadat SMA tapi capeknyaaaa jangan ditanya wkwkwkkwkw
5. banyak seminar-seminar yang bisa kita ikuti.
6. kuliah cuma senin-jum'at, sabtu minggu waktunya pemulihan hehehe
7. bisa ngerasain yang namanya TA (titip absen) apalagi yang mahasiswanya banyak macam teknik. kalau ane mah belum pernah (wesyeee) bukannya ane rajin, tapi karena faktor keadaan, kelas ane kan kelas bahasa jadi anaknya satu kelas dikit,dosennya apal dan jadinya ga bisa TA dehhh.. nasibbbb
8. nahhh pas kuliah umum, bisa ngeceng and cuci mata liat anak dari jurusan lain.
9. banyak UKM ya semacam ekstrakulikuler gitu.
10. bisa wifian sampe malem dikampus sampe diusir sma pak satpam...
11. dll yakk

DUKAnya jadi mahasiswa:
1. pasti pertama dan yang paling utama, tugas bejibunnnn antri satu-satu minta disentuh-sentuh.. jadi jarang tidur.
2. kaga bisa bolos sesuka hati, meskipun kita punya hak 25% buat kaga berangkat tapi sama aja kalau daftar masuk kita kurang dari 75% berarti kaga bisa ikut ujian kalo kaga bisa ikut ujian brarti kaga bakal kluar nilainya kalo nilai kaga kluar brarti ngulang taon depan dan itu brarti bakalan memperlama kelulusan. nah lho what a fucking nightmare kan??
3. seperti yang ane bilang diatas, dosen dan guru masa SMA beda jauh, kalau kita ga usaha bener-bener baklan dikasih surprise sama dosen di belakang pas nilai keluar, atau malah kaga keluar? (naudzubillah ya Allah)
4. belajar sendiri!! kalau ga mau baca ya udah byeee, kecuali anda jenius lol, soalnya dosen ga nerangin sedetail guru SMA. Jadi kita emang dirangsang (hah dirangsang) untuk cari tahu sendiri.
5. beberapa dosen ketat dan disiplin banget, apalagi untuk masalah telat. kalau perjanjian dengan dosen telat maksimal 10 menit ya 10 menit. Lebih dari itu ya sudah bakalan tertolak untuk masuk. Atau ada beberapa dosen yang baik, boleh masuk tapi ga boleh absen, ya akibatnya juga kayak point 2, kalo absen kita ga sampe 75% kehadiran.
6. capek, ga tau kenapa pokoknya capek aja. rata-rata itu yang dikeluhin mahasiswa diawal-awal.
7. latihan baca jurnal atau sumber-sumber yang kebnyakan kaga bahasa Indonesia. Gilaaaa udah pakai google translate juga tidak terlalu membantu, malah bikin tambah pusing.
8. jarang sarapan kalau masuk pagi, secara kan dikosan sendiri, udah bangun telat ga sempet beli makan ya sudah sarapan dijamak sama makan siang.
9. apalagi ya? duh kalau pas ditulis gini kok jadi lupa dengan penderitaan ya? udah aja kali yak lanjutin sendiri kalau ada yang tau wkwkwk..sumpah ga penting banget ya,, tapi gapapa lah sebagai pelepas unek-unek daripada lari ke yang tidak-tidak :D

No comments:

Post a Comment