Wednesday, 17 June 2020

ALASAN PAKET TIDAK BERGERAK DAN TIDAK UPDATE DI RESI JASA PENGIRIMAN

Paket tidak bergerak ini pasti kejadian yang setidaknya pernah dialami oleh orang-orang pengguna jasa ekspedisi. Sumpah setengah mati kita si penerima paket dibuat pusing tujuh keliling, kita tanya sana sini pun tidak ada kejelasan dimana dan sedang diapakan kita punya paket itu. Pengirim dan penerima paket sudah kejar ke kantor pengiriman hanya dijawab paket sedang di jalan. Tanya CS ekspedisi pun sama saja, sudah nunggu antrian lama, pas giliran telpon kita direspon, jawabannya pun tidak memuaskan.

Ceritanya saya punya paket pake jne dikirim dari batam ke denpasar lamanya hampir 2 minggu baru sampai, lalu ada paket dari jakarta ke denpasar sudah 5 hari paket masih macet di jakarta, lalu ada dari surabaya-denpasar yang biasanya hari ke-4 sudah sampe di tangan saya malah masih ngendon aja di surabaya. Semuanya saya pake jasa JNE ya, baik yang JNE reguler, maupun JNE JTR Cargo.

Kali ini saya mau membahas yang JNE JTR Cargo saya yang macet di Surabaya. Padahal kan Surabaya itu gate pengiriman dari jawa ke Indonesia Tengah dan Timur. Tapi setelah saya ulang pemesanan saya, akhirnya saya menemukan polanya.

Saya beli barang sekian kilo dengan cargo JNE pengiriman dari Surabaya tanggal 10 Juni. Resi baru terdeteksi tanggal 11 Juni, 12 Juni di sorting center Surabaya dan hari berganti tidak bergerak sampe 4 hari tu barang ngendon disana. Baru tanggal 16 Juni resi diupdate lagi kalau barang lagi keluar dari sorting center Surabaya menuju Denpasar. Tanggal 17 Juni baru dikirim ke saya. 
Jadi proses pembelian barang yang biasanya cuma butuh 4-5 hari ini membutuhkan waktu total 8 hari. Untuk teman-teman yang butuh barangnya untuk dijual kembali pasti rasanya awesss embuohh, cemut-cemut. Karena modal ga gede, pengen buru-buru diputar, malah terkendala di jasa pengiriman yang lama. Padahal supplier dan konsumen kita udah ok banget kerjasamanya. 

Kembali lagi, setelah saya bandingkan kenapa bisa cepat hanya 4 hari, kenapa bisa lama sampai seminggu. Saya dapatkan kesimpulan kalau paket cargo itu dikirimkan dari surabaya ke denpasar setiap hari Selasa dan sampe di denpasar hari Rabu. Jadi, kalau saya tidak mau menunggu sampe jenggotan dan jamuran lagi, saya pesan di supplier hari minggu, biar senin diantar ke kantor pengiriman, selasa berangkat, rabu sampe denpasar,dan terserah pihak denpasar mau dikirim hari rabu/kamis ke saya.

Well, memang sih Cargo tidak jalan seperti reguler. Pengiriman cargo bisa memakan waktu 3-7 hari. Tapi kalau bisa dapat yang lebih cepat why not?

Jadi, itu sekilas pengalaman saya. Kalau yang dari Tangerang, Jakarta, Batam, ga tau deh saya haha. Stress kali kalau supply  chain ngadat gini. Ya mau gimana lagi, hari-hari normal saja molor apalagi sejak pandemi Covid19 ini. 

Semoga penyedia layanan ekspedisi dapat berbenah menjadi lebih baik lagi, kalau ga mau berbenah, semoga ada jasa ekspedisi baru yang lebih yahud dengan harga bersaing hehe. Kan kasihan CS yang ditelpon cuma buat dimarahin sama konsumen dari seluruh penjuru Indonesia. Dia lho gajinya cuma dikit tapi jadi tempat pelampiasan, sedangkan CEO, direktur dan managernya yang emang orang-orang yang berwenang ambil kebijakan tetep gajinya guede, ga dimarahin, kok layanan makin zong. Kerja kerja kerja pak bu, kalau gitu terus, ada waktunya perusahaan anda collapse,entah diterjang perusahaan pesaing lama atau baru yang berbenah memberi pelayanan maksimal.



No comments:

Post a Comment